Setelah berhasil mendaftar Mandiri Online, langkah berikutnya adalah melakukan aktivasi iBanking Mandiri. Berikut adalah tahapan yang perlu kamu ikuti untuk mengaktifkan layanan ini.
1. Aktivasi iBanking Mandiri melalui m-Token
- Akses situs ib.bankmandiri.co.id melalui browser kamu.
- Di halaman utama, cari opsi Pengguna Baru/Registrasi Ulang, kemudian pilih "Silakan klik di sini".
- Setelah halaman Aktivasi Mandiri Internet muncul, baca Syarat dan Ketentuan, lalu pilih Setuju.
- Kamu akan diminta untuk memasukkan Access ID 16 digit dan Access Code Internet Banking yang merupakan PIN, lalu pilih Aktifkan.
- Selanjutnya, isi User ID, PIN internet banking, dan alamat email yang valid. Setelah itu, pilih Kirim.
- Setelah proses selesai, akan muncul halaman yang menyatakan bahwa aktivasi iBanking Mandiri berhasil.
- Meskipun aktivasi di portal iBanking Mandiri telah dilakukan, kamu belum sepenuhnya dapat menggunakan semua fitur yang tersedia. Berikutnya, kamu perlu mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
2. Aktivasi iBanking Mandiri di Kantor Cabang Terdekat
Jika kamu memilih untuk mengaktifkan iBanking Mandiri secara langsung di kantor cabang, kamu harus datang ke cabang Bank Mandiri terdekat. Di sana, kamu akan diminta untuk mengisi Formulir Aplikasi iBanking Mandiri dan SMS Banking Mandiri.
Pastikan membawa identitas diri untuk ditunjukkan kepada customer service. Alamat email yang kamu berikan juga harus aktif dan benar. Berikut adalah langkah-langkah aktivasi di cabang:
- Pastikan kamu membawa semua persyaratan, seperti buku tabungan Mandiri, KTP, handphone, dan email aktif.
- Kunjungi kantor cabang Bank Mandiri terdekat.
- Ambil nomor antrean dan tunggu giliran.
- Sambil menunggu, biasanya kamu akan diberikan formulir untuk pendaftaran dan aktivasi iBanking Mandiri.
- Isi formulir sesuai dengan kebutuhan.
- Setelah nomor antreanmu dipanggil, serahkan formulir kepada customer service dan sampaikan keperluan untuk aktivasi iBanking Mandiri.
- Customer service akan membantu aktivasi dan menawarkan pembelian m-Token Mandiri, yang nantinya digunakan untuk bertransaksi.
- Jika diperlukan, beli m-Token Mandiri untuk transaksi melalui iBanking di rumah.
- Aktivasi m-Token dilakukan dengan bantuan customer service.
- Setelah aktivasi selesai, layanan internet banking Mandiri kamu sudah aktif dan siap digunakan untuk transaksi.
- Selesai!
Tips Aman Menggunakan iBanking Mandiri
Untuk menghindari serangan malware yang dapat mengakses data pribadi dan mengendalikan perangkat kamu, ada beberapa langkah penting yang perlu diperhatikan saat bertransaksi. Berikut adalah tips aman yang bisa kamu ikuti:
- Jaga kerahasiaan user ID, password, dan m-Token kamu dengan baik.
- Pastikan hanya mendownload aplikasi Mandiri Mobile melalui Google PlayStore atau AppStore resmi.
- Rutin mengubah password untuk menjaga keamanan akun.
- Hindari menggunakan kombinasi password yang mudah ditebak.
- Jangan pernah membuka atau mengklik link yang dikirim melalui e-mail, SMS, atau media lainnya yang mengatasnamakan Mandiri.
- Segera hapus m-Token yang sudah digunakan atau telah habis masa berlakunya.
- Jangan memberikan atau memasukkan data iBanking kamu ke aplikasi yang tidak terpercaya.
- Setelah logout, segera hapus histori transaksi dengan menggunakan pilihan clear cache yang tersedia.
- Pastikan kamu bertransaksi menggunakan komputer yang aman, hindari menggunakan perangkat di tempat umum atau media lain yang tidak terjamin keamanannya.
Jika kamu menemukan hal yang mencurigakan, segera hubungi call center Mandiri di 14000 atau nomor (021) 5299-7777 untuk nasabah yang berada di luar wilayah Surabaya, Medan, Palembang, Bandung, Jakarta, Bogor, Yogyakarta, Denpasar, Balikpapan, Makassar, Banjarmasin, dan Semarang.
Sebagai penutup, dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu kini siap untuk mulai menggunakan layanan cara daftar internet banking Mandiri dengan aman dan mudah.